Liverpool 0 vs Plymouth 0

Anak Muda Bikin Bangga

DITAHAN: Plymouth sukses menahan imbang klub papan atas Premiere Leage dengan hasil 0-0 di laga FA.

LIVERPOOL – Liverpool harus menjalani replay melawan klub dari kasta keempat Liga Inggris, Plymouth Argyle. Dalam laga putaran ketiga Piala FA di Anfield, Liverpool, tadi malam WIB (8/1) mereka berhasil menahan Liverpool tanpa gol. Tapi, Kopites – sebutan bagi fans Liverpool – boleh bangga.

Karena, yang menahan klub runner up League Two itu adalah gerombolan pemain muda Liverpool. Termasuk di dalamnya empat anak muda jebolan Kirkby, sebutan untuk akademi Liverpool. Antara lain Trent Alexander-Arnold, Ovie Ejaria, Sheyi Ojo dan Ben Woodburn. Rerata usia keempat jebolan Kirkby itu 18,25 tahun.

Bersama dengan keempat pemain akademi itu, rerata usia pemain yang diturunkan Juergen Klopp sebagai starter laga tersebut 21 tahun 296 hari. Statistik menyatakan, usia itu menjadi rerata usia starting eleven termuda dalam histori Liverpool. Sebelum laga ini  berlangsung, rekor termuda 22 tahun 303 hari.

Rekor itu terjadi ketika Liverpool dibesut Bill Shankly. Bedanya, Shankly mampu mencatat rekor starter termuda itu dengan lima debutan saat menang 3-1 atas tuan rumah  Wolverhampton Wanderers pada League Division One (sekarang Premier League). Lalu, di era Klopp ini tidak satu pun anak mudanya berstatus debutan.

Meski dengan pemain muda, Opta mencatat Liverpool di babak pertama mencatat penguasaan bola lumayan tinggi, 80,3 persen. Di akhir laga penguasaan bolanya berubah jadi 76,7 persen. Bukan hanya itu, sekalipun gagal menjebol gawang Plymouth, total 28 kali tembakan mereka lakukan. Plymouth menerapkan taktik parkir bus.

''Ini bukan hasil yang kami harapkan. Akan tetapi, kami tidak frustasi. Inilah sepak bola. Plymouth layak mendapat hasil imbang ini, dan laga replay. Tenang dan sabar saja. Melawan klub dengan bertahan total itu tantangan besar. Tapi, tantangan terbesar adalah saya membuat banyak perubahan dan memainkan anak-anak muda,'' kata Klopp kepada BBC. (ren)

Berikan Komentar Anda:

Komentar