Lagi, Datang Bawa Bantuan

BAWA BANTUAN: Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa memeluk anak korban banjir saat berkunjung ke Kota Bima, Selasa kemarin (10/1). Khofifah kembali membawa bantuan.

KOTA BIMA-Dua kali sudah Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Kota Bima pasca banjir. Di setiap kunjungan, dia selalu membawa bantuan.

Kemarin dia membawa bantuan senilai Rp 2,2 miliar. Bantuan tersebut berupa jaminan hidup (Jadup) sebesar Rp 1,2 miliar. Kemudian bantuan alat dapur dan alat bersih-bersih sekitar Rp 1 miliar.

Bantuan tersebut tidak melalui rekening pemerintah kota. Tapi langsung diberikan pada warga yang berhak. "Uang ini langsung disalurkan pada warga," ujar Khofifah Indar Parawansa  kemarin.

Bantuan Jadup diberikan pada 1.335 jiwa atau 381 kepala keluarga. Satu jiwa mendapat bantuan Rp 900 ribu. Perjiwanya dihitung Rp 10 ribu dan ditanggung selama 90 hari. "Bantuan berupa alat dapur dan pembersihan diberikan pada 381 kepala keluarga," jelasnya saat ditemui di kantor wali kota.

Mereka yang mendapat bantuan adalah korban banjir yang rumahnya hanyut dan rusak berat. Disampig itu, saat ini dicairkan juga program keluarga harapan (PKH). Serta adanya tambahan penerima PKH bagi warga kota.  Sebelumnya juga telah diberikan santunan pada warga yang meninggal pasca banjir. Santunan tersebut diberikan kepada empat ahli waris. Satu ahli waris diberikan santunan sekitar Rp 15 juta. Itu sesuai prosedur Kementerian Sosial RI. "Tadi saya sudah serahkan langsung satunan pada keluarga yang meninggal," akunya.

Wali Kota Bima HM Qurais H Abidin menyampaikan ucapan terima kasih pada Menteri Sosial. Sebab hanya berselang 14 hari Khofifah sudah kembali lagi ke Kota Bima.  "Hanya ibu (Khofifah, red) yang datang dua kali pasca banjir. Bahkan di setiap kehadiran, ibu selalu membawa bantuan," ujarnya saat menyampaikan sambutan.

HM Qurais juga memuji TAGANA yang sejak hari pertama sigap membantu pemerintah kota. Dengan langsung membangun dapur umum, kemudian membagikan nasi pada warga.

Untuk itu, dia berharap suport pada TAGANA harus ditingkatkan. Mulai dari pemerintah pusat hingga daerah. Sebab kerja mereka sangat membantu. Begitu juga dengan organisasi sayap lainnya.

Sebelumnya, Khofifah secara simbolis menyerahkan dua bantuan tersebut pada HM Qurais. Serta menyerahkan bantuan Jadup pada warga. Dia juga menyerahkan bantuan PKH serta santunan pada siswa berprestasi.

Usai acara penyerahan bantuan, dilanjutkan dengan pengecekan pencairan bantuan PKH. Serta mengecek stok bantuan. Tidak hanya itu, Khofifah menyempatkan diri untuk makan bersama di dapur umum posko induk di kantor wali kota.(nk)

Berikan Komentar Anda:

Komentar