ITDC Fokus Peran Ekonomi dan Sosial Masyarakat

H. Lalu Gita Aryadi (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Kawasan Mandalika Resort yang ditangani PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), salah satu perusahaan badan usaha milik negara ini terus menunjukan keseriusannya membangun kawasan pariwisata berkelas dunia diatas lahan seluas 1.300 hektar lebih tersebut.

Jika di tahun 2016, ITDC lebih fokus dalam berbagai persoalan infrastruktur dasar dan penyelesaian tanah, maka di tahun 2017 ini, akan melangkah ke peran ekonomi dan sosial masyarakat di kawasan Mandalika Resort.

“Tahun 2017 ini ITDC akan melangkah ke peran sosial, ekonomi, termasuk didalamnya keamanan dan kebersihan,” kata Komisaris PT ITDC, H. Lalu Gita Aryadi, Senin kemarin (9/1).

Gita mengatakan, untuk penyelesaian tanah yang masih bermasalah seluas 109 hektar, pada tahun 2016 sudah selesai dilakukan ferivikasi oleh Tim Percepatan Penyelesaian Tanah Bermasalah di Kawasan Ekonom Khusus (KEK) Mandalika. Dimana tim sudah menghasilkan sebanyak 26 orang yang akan mendapatkan uang kerokhiman dari ITDC sebesar Rp4,5 juta/hektar dengan total luas lahan yang sudah selesai di tahap I sebanyak 463.207 m2.

Selanjutnya di awal tahun 2017 ini, lanjut Gita, ITDC melangkah ke peran sosial, ekonomi ,keamanan dan kebersihan di KEK Mandalika . untuk peran ekonomi , ITDC telah mulai memberikan pembinaan kepada masyarakat sekitar kawasan Mandalika Resort . Bahkan saat ini sudah diberikan pendidikan dan pelatihan kepada puluhan masyarakat sekitar KEK Mandalika Resort yang nantinya bisa bekerja di Mandalika Resort.

Selain itu, kata Gita, ITDC juga akan mulai melakukan penataan disepanjang kawasan Mandalika,termasuk didalam pedagang yang selama ini dikeluhkan oleh wisatawan yang berkunjung menikmati kawasan pantai Kute, Pantai Tanjung An dan lainnya yang masuk dalam kawasan Mandalika Resort.

Kepala BKPM-PT Provinsi ini juga memastika bahwa tahun 2017 ini mulai action untuk ful konsentrasi merambah masalah ekonomi, sosial dan penataan. Tentunya berbagai infrastruktur termasuk pembangunan hotel juga sudah dimulai tahun 2017 ini.

“Untuk penataan pedagang di kawasan Mandalika, kami sudah membentuk tim. Termasuk juga melakukan penataan disetiap zonasi, termasuk keamanan. Sehingga keluhan masalah keamanan bisa diatasi bersama tim ,” pungkasnya. (luk)

Berikan Komentar Anda:

Komentar